Hehancang Tehung: Salah Satu Primadonanya Masakan Khas Lahat

Editor oleh: Muhammad Dafa

Jika kita berkunjung ke daerah Lahat, ada sebuah menu yang sangat sulit untuk ditemui di berbagai rumah makan. Pasalnya, bagi masyarakat Lahat hidangan ini dijadikan sebagai santapan harian yang sudah diolah secara turun-temurun. Resep yang digunakan merupakan resep warisan nenek moyang sehingga rasanya dijamin autentik dan memiliki ciri khas tersendiri.

Salah satu makanan khas Kabupaten Lahat yang menjadi primadonanya selain gulai ayam nanas adalah hehancang tehung. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia memiliki arti masakan terung. Selain sering disajikan sebagai hidangan sehari-hari di rumah masyarakat Lahat, hidangan ini juga sering hadir saat acara perayaan besar dan juga masakan untuk jamuan menyambut tamu.

Untuk membuat hehancang tehung sangatlah mudah, bahan baku utama pembuatan hehancang tehung adalah terung bulat yang diracik dengan bumbu yang khas, untuk menambah kenikmatannya hehancang tehung dicampur dengan jamur tiram dan ikan asap. Hehancang tehung akan terasa lebih nikmat jika dinikmati dengan nasi putih hangat, ikan asin, dan sambal terasi. Kuahnya yang tidak terlalu pedas dan segar membuat berkeringat saat menyatapnya bersama keluarga tercinta.


Ditulis oleh: Ihsan Saputra
Guna keperluan tugas mata kuliah Bahasa Indonesia/UNIKA Musi Charitas/Ibu Maulina Juherni, M. Pd.
Share:

Jumlah Pengunjung

Populer