Kelezatan Ipau: Kuliner Tradisional Khas Kalimantan Selatan

Halo para pembaca Inkarnasi Kata, dalam artikel kali ini kami akan membahas kuliner tradisional dari Kalimantan Selatan yang dikenal sebagai ipau. Mari kita eksplorasi lebih lanjut tentang hidangan yang satu ini.

Kue ipau, makanan khas Kalimantan Selatan. (sumber: www.cookpad.com)

Ipau merupakan hidangan khas dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang telah diresmikan melalui SK Walikota nomor 811/2017. Kue ipau memiliki ciri khas berwarna putih, berbentuk bulat, dan dilapisi dengan taburan daging di lapisan atasnya, serta memiliki tekstur yang lembut. Hidangan ini terkenal sebagai kue tradisional yang diproduksi oleh warga keturunan Arab, khususnya yang berasal dari Kelurahan Antasan Kecil Barat, Banjarmasin Tengah, atau di sekitar Kampung Arab Banjarmasin.

Ada dua varian kue ipau, yaitu yang disajikan dalam kondisi kering dan yang dalam keadaan basah akibat siraman kuah santan. Kue ini menggabungkan cita rasa manis dan gurih, berkat kuah santan dan taburan daging sapi di atasnya. Tampilan kue ipau secara sekilas mirip dengan lasagna, dengan banyak lapisan yang berisi daging di setiap lapisannya.

Kue ipau biasanya tersedia selama bulan Ramadan dan sering dijadikan salah satu takjil untuk berbuka puasa. Kue ini dapat dibeli dalam bentuk loyang atau potongan kecil, sesuai dengan preferensi pembeli.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai ipau, sebuah hidangan khas dari Kalimantan Selatan. Bagi yang ingin mencicipi ipau, Anda dapat mengunjungi penjual-penjualnya di daerah Anda, atau jika tidak tersedia, Anda bisa mencari berbagai resep ipau dan mencoba membuatnya sendiri di rumah. Itulah rangkuman artikel tentang kuliner tradisional kali ini. Sampai jumpa pada artikel kuliner selanjutnya!

Share:

Jumlah Pengunjung

Populer