Menyelami Kelezatan Tekwan: Kuliner Tradisional Palembang yang Menggugah Selera

Halo para pembaca Inkarnasi Kata! Dalam artikel kali ini, kami akan menghadirkan informasi menarik tentang kuliner tradisional dari Palembang, yaitu tekwan. Mari kita telusuri lebih lanjut mengenai kuliner yang menggugah selera ini.

Tekwan, makanan khas Palembang. (sumber: Shutterstock/tyasindayanti)

Tekwan, hidangan khas Palembang ini terbuat dari campuran daging ikan dan tapioka yang diformat menjadi bulatan kecil-kecil, kemudian disajikan dalam kuah udang dengan citarasa yang khas. Biasanya, tekwan dilengkapi dengan sohun, potongan bengkoang, jamur, dan diberi sentuhan daun bawang, seledri, serta bawang goreng. Asal usul nama "tekwan" sendiri berasal dari istilah "Berkotek Samo Kawan" dalam bahasa Palembang, yang artinya duduk bersama teman untuk berbincang-bincang, atau juga bisa terkait dengan bahasa Hokkien, tâi-oân (台丸), yang bunyinya mirip dengan "Taiwan" (Hanzi: 台灣; Pe̍h-ōe-jī: Tâi-oân).

Demikianlah rangkuman singkat mengenai tekwan, sebuah hidangan khas dari Palembang. Jika Anda ingin mencicipi tekwan, Anda dapat mencari penjualnya di daerah Anda atau mencoba berbagai resep tekwan untuk menciptakannya sendiri. Sampai jumpa di artikel kuliner berikutnya!

Share:

Jumlah Pengunjung

Populer