Empal Gentong: Kuliner Khas Cirebon yang Memikat Selera

Empal gentong. (sumber: iStock)

Empal gentong adalah salah satu makanan khas yang berasal dari masyarakat Cirebon, Jawa Barat. Hidangan ini memiliki kemiripan dengan gulai (gule) dan memasaknya menggunakan kayu bakar, khususnya dengan pohon mangga, dalam gentong atau periuk tanah liat. Empal gentong biasanya terbuat dari campuran usus, babat, dan daging sapi. Makanan ini merupakan hidangan khas dari kabupaten Cirebon, yang juga dikenal dengan hidangan lain seperti tahu gejrot dan docang.

Proses penyajian empal gentong melibatkan penggunaan kucai (Allium tuberosum) dan sambal berupa cabai kering yang telah digiling. Empal gentong biasanya disajikan dengan pilihan nasi atau lontong. Lontong dalam konteks masyarakat Cirebon adalah beras yang dimasukkan ke dalam daun pisang yang telah dibentuk menjadi silinder, tanpa campuran lainnya, dan kemudian direbus selama 4 jam.

Ini adalah hidangan yang mencerminkan keanekaragaman kuliner di Cirebon dan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kebudayaan kuliner di wilayah tersebut.

Share:

Jumlah Pengunjung

Populer