Bubur Pedas: Kuliner Tradisional Khas Kalimantan Barat yang Menggugah Selera

Bubur pedas adalah hidangan tradisional yang berasal dari Kalimantan Barat. Artikel ini akan mengungkap lebih lanjut tentang kuliner istimewa ini.

Bubur pedas, makanan khas Kalimantan Barat (sumber: Instagram/buburpedasmakcik)

Bubur pedas atau bubbor paddas adalah makanan tradisional khas orang Melayu Sambas dari Kalimantan Barat yang berupa jenis bubur. Hidangan ini juga dikenal di kalangan orang Melayu di Sarawak, Malaysia, dan umumnya disajikan selama bulan Ramadhan sebagai makanan berbuka puasa. Orang Tionghoa setempat menyebutnya sebagai "Lat Moi" (辣糜), di mana "Lat" berarti pedas dan "Moi" berarti bubur.

Bubur pedas terbuat dari nasi halus dan kelapa parut, dengan tambahan stok yang bisa berasal dari daging tulang seperti tulang rusuk atau irisan ayam. Bumbu-bumbu campuran mencakup bawang merah, bawang putih, cabai merah, serai, lada hitam, dan daun salam. Berbagai jenis sayuran, seperti wortel, kangkung, daun inai, daun kesum (daun laksa), kacang panjang, kecambah, atap bambu, dan kentang dadu, dimasukkan ke dalam panci saat memasak bubur pedas. Saat disajikan, bubur pedas dilengkapi dengan bawang goreng, ikan teri, dan kacang-kacangan. Anda juga dapat menambahkan air jeruk nipis, kecap manis, dan sambal sebagai bumbu tambahan.

Meskipun disebut "pedas" dalam namanya, sebenarnya rasa bubur ini tidak terlalu pedas. Nama "bubur pedas" adalah istilah yang digunakan oleh masyarakat Sambas karena hidangan ini mengandung banyak rempah-rempah. Namun, jika Anda menginginkan lebih banyak rasa pedas, Anda dapat menambahkan cabai kering ke dalam hidangan ini.

Sejarah

Bubur pedas adalah jenis bubur yang berasal dari orang Melayu di Sambas, Kalimantan Barat, dan kemudian diadopsi sebagai makanan oleh orang Melayu Sarawak.

Di Kalimantan Barat, bubur pedas umumnya terbuat dari bubur nasi yang dicampur dengan ikan teri, kacang, daun bawang, dan berbagai rempah-rempah. Selain itu, saus dan kecap juga ditambahkan untuk memberikan cita rasa khusus. Biasanya, perasan jeruk limau juga dimasukkan untuk memberikan rasa segar. Di Sambas, bubur pedas merupakan makanan yang populer di kalangan rakyat. Di Pontianak, orang sering menjual bubur pedas menggunakan gerobak.

Bubur pedas, makanan khas Kalimantan Barat, adalah hidangan yang lezat dan unik. Jika Anda ingin mencicipi bubur pedas, Anda bisa mencari penjualnya di daerah Anda atau mencari berbagai resep bubur pedas untuk mencoba membuatnya sendiri. Sampai jumpa pada artikel kuliner berikutnya!

Share:

Jumlah Pengunjung

Populer